fbpx
DAERAH  

Urus Izin Usaha Melalui OSS Sangat Membantu dan Memudahkan Masyarakat

PIDIE – Mengurus izin usaha melalui aplikasi Online Single Submission (OSS) dibidang Pertambangan, Energi dan Batu Bara, sangat membantu dan memudahkan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Pidie Muhammad Junaidi, Jum’at 23 Desember 2022.

Junaidi menjelaskan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) adalah perizinan berusaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 5 tahun 2021 tentang penyelenggara perizinan berusaha berbasis resiko.

Baca Juga:  Pemerintah Pusat Jangan Tunda Pilkada Aceh 2022

Menurut Junaidi kebijakan tersebut sangat membantu dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan izin melalui system (OSS) dibidang pertambangan, energi dan batu bara.

“Karena sistem OSS yang dibentuk oleh pemerintah pusat supaya mempermudah pengurusan dalam mengurus izin dibidang pertambangan, energi dan batu bara,” katanya.

Selain itu, menurut Junaidi, dengan terdaftarnya izin usaha tersebut dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta tidak terjadinya kerusakan lingkungan.

Baca Juga:  Terkait Pj Gubenur Aceh, DPRA: Presiden Harus Perhatikan Aspirasi Rakyat Aceh

“Karena dalam system OSS telah memberlakukan pengisian komitmen analisis dampak lingkungan dalam bentuk UKL/UPL maupun Amdal sesuai dengan lahan yang diajukan oleh pelaku usaha tambang,” demikian Junaidi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *