fbpx
DAERAH  

Terkait Penggusuran Rumah Dosen, Otto : Rektor USK Tidak Faham Sejarah

KABARANDALAN.COM, BANDA ACEH – Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof. Dr. Ir. Samsul Rijal, MA merbitkan surat edaran Nomor : B/5639/UN11/TU.01.01/2020 ditujukan kepada seluruh penghuni rumah dinas dosen di lingkungan USK untuk segera mengosongkan rumah dinas tersebut.

Hal itu berkaitan dengan akan dilakukannya pengembangan kampus Universitas Syiah Kuala yaitu pembangunan gedung Pendidikan dan Administrasi FKIP dan Fakultas Hukum USK.

Menanggapi penggusuran rumah dosen USK tersebut, Otto Syamsudin Ishak, Ketua Forum Warga Kopelma Darussalam (FWKD) mengatakan bahwa Rektor USK tidak faham sejarah berdirinya Kopelma Darussalam.

Baca Juga:  Mahasiswa UTU KKN Tematik di Desa Sendiri, Ini yang dilakukan

Hal itu ia sampaikan saat melakukan pertemuan dengan Anggota DPRA Teuku Raja Kemangan (TRK) dan awak media disalah satu warung kopi di Kota Banda Aceh. Sabtu, (20/02/2021).

Otto menilai tindakan atau opini Rektor USK adalah ahistoris dan tidak memahami sejarahnya dan maksud dari tujuan beradanya Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universitas Islam Ar-Raniry (UIN).

“Rektor hanya mengejar persyaratan untuk USK menjadi sebuah badan usaha, itu saja, dia orientasinya sangat pendek sehingga tindakannya cenderung gegabah,” Tegasnya

Baca Juga:  Pemerintah Aceh Lanjutkan Penghijauan di Dayah Perbatasan

Otto mengatakan, semua warga Kopelma Darussalam menolak penggusuran karna ini merupakan sebuah monumen perdamaian sekaligus sebagai salah satu aset keistimewaan Aceh.

Otto menceritakan, dulu para generasi pertama dan kedua yang melanjutkan kuliah keluar Aceh itu Ijazahnya di tahan oleh Gubernur Ali Hasymi agar mau pulang ke Kopelma Darussalam, termasuk Ayah saya. Jadi kalau Rektor tanya apa ada surat pemberian rumah, ya… dulu belum ada rektor, yang ada itu Presiden Unsyiah, dan kebetulan bapak saya sebagai rektor satunya, tapi rektor belum ada saat itu. Jelasnya.

Baca Juga:  DPRK Tetapkan 5 Nama Calon Anggota Baitul Mal Pidie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *