fbpx

Riwayat Mencari Makam Pendiri Al Washliyah

Foto : Pengurus Daerah Al Washliyah Kota Banda Aceh di Makam Pendiri Ormas Islam Al Washliyah. (Dok.Ist)

KABARANDALAN.COM, MEDAN – Pengurus Daerah Al Washliyah Kota Banda Aceh yang terdiri dari Yusra Jamali sebagai Ketua, Jhon Wahidi dan Dicky Wirianto masing-masing sebagai wakil ketua, selasa, 30 Maret 2021 berkesempatan melakukan kunjungan dan ziarah ke makam pendiri Al Washliyah, Tuan Syekh Haji Muhammad Arsyad Thalib Lubis di komplek TPU Muslim Jalan Mabar, Sidodadi, Medan Timur, Kota Medan-Sumatra Utara.

Lokasi makam pendiri Al Washliyah terlihat kurang familiar bagi warga Kota Medan, hal ini terbukti ketika kami bertanya kepada warga, mereka kelihatan bingung dan tidak dapat memberi pentunjuk secara jelas. Hal ini mengakibatkan kami terpaksa mencari lokasi makam tuan guru melalui aplikasi google Map ternyata tidak ditemukan, dan menunjuk beberapa pilihan lokasi.

Kesempatan pertama kami memiih lokasi makam di TPU Perjuangan, namun penjaga makam tidak mengenal nama makam yang kami carikan, dan warga cenderung tidak mengenal sosok yang kami cari, padahal kami sudah menyebutkan bahwa makam yang kami cari adalah makam pendiri Al Washliyah Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis, yang notabenenya adalah kota kelahiran Al Washliyah pada tanggal 30 November 1930 H.

Baca Juga:  Dosen Prodi Antropologi STISIP Al Washliyah Banda Aceh Touring keliling Indonesia

Meskipun, warga tidak mengenal sosok pendiri Al Washliyah, dengan perasaan sedih, prihatin dan kecil hati serta kecut, dengan penuh semangat, sebagaimana diajarkan ketika kami mengikuti pengkaderan. Kami pantang kembali sebelum makam ditermukan, menelusuri lorong, dan gang kecil, terus bertannya kepada warga, mereka menunjuk dan menyebutkan, barangkali adanya di TPU gang Sado dekat Mesjid Al Falah. Kami bergegas dengan menumpang becak mesin, sesampainya di komplek pemakaman tersebut, ternayata penjaga makam juga tidak mampu menunjukkan lokasi makam.

Baca Juga:  Sambut Hari Ulang Tahun Ke - 62, MPC Pemuda Pancasila Nagan Raya Santuni Anak Yatim

Kami tidak lantas langsung percaya dengan ucapan penjaga makam, maka kami bersama penjaga makam ikut mencari dan menelusuri beberapa makam yang berwarna hijau sebagai ciri khas warna kebanggaan Al Washliyah, namun juga tidak ditemukan. Penjaga makam di sana menyebut, mungkin adanya di TPU Muslim Jalan Mabar, Sidodadi. Kami langsung pesan becak mesin bergegas ke lokasi yang disebutkan tadi, dengan suasana terik matahari yang sangat membakar lemak dan hal ini kami terima dengan ikhlas, yang penting kami dapat menemukam makam tuan guru dan pendiri Al Washliyah yang selalu disebut dan dikenalkan oleh senior kami disetiap kegiatan dan pengkaderan Al Washliyah di Banda Aceh dan sekitarnya.

Sesampainya di lokasi TPU Muslim Jalan Mabar, Sidodadi, Medan Timur, kami langsung bergegas mencari makam dengan nama Arsyad Thalib Lubis, juga tidak ditemukan,kami bingung dan dibantu oleh salah seorang pekerja TPU, akhirnya makam tersebut dapat kami temukan, dengan perasaan bangga dan terharu, kami selaku kader washliyah sudah menemukan makam yang kami impikan selama ini. Kami perhatikan makam berbingkai putih, yang bertuliskan nama tuan Syekh Arsyad Thalib Lubis terlihat sangat sederhana, dan terasa kurang terawat. Kami membaca, sebagaimana tertera pada batu nisan pendiri Al Washliyah yang lahir pada Oktober 1908 dan wafat pada tanggal 6 Juli 1972.

Baca Juga:  Kuasa Hukum Nyatakan Habib Riziq Bebas Hari Ini

Sejurus dengan itu, kami berdoa dan bermunajat agar ikhtiar pengangkatan dan pengusulan Allahyarham tuan Syekh Arsyad Thalib Lubis sebagai penerima gelar pahlawan nasional dapat segera terwujud tahun 2021 ini. Tidak hanya itu, kami juga bermunajat sekaligus mohon restu agar pelaksanaan program dan kegiatan Al Washliyah dapat lebih maju dimasa yang akan datang. Jayalah Al Washliyah zaman berzaman. [Rilis]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *