fbpx

Pemerintah Aceh Segera Cairkan Dana Bantuan Penanganan Dampak Covid-19

KABARANDALAN.COM, BANDA ACEH – Dalam suratnya bernomor 440/10816 tertanggal 2 Agustus 2020 Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta Bupati/Walikota seluruh Aceh agar melengkapi segala persyaratan pencairan dana belanja bantuan keuangan bersifat khusus untuk antisipasi dan penanganan dampak Covid-19 di seluruh Aceh.

Dilansir dari laman ajnn.net, pemberian dana bersifat khusus tersebut menurut Nova Iriansyah dilakukan sehubungan dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Aceh dan kondisi ini diperkirakan akan terus bertambah, Pemerintah Aceh sendiri telah menetapkan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 40 Tahun 2020 tentang “Penetapan dan Penyaluran Belanja Bantuan Keuangan Bersifat Khusus kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se Aceh untuk Antisipasi dan Penanganan Dampak Covid-19” tahun anggaran 2020.

Selain itu ada beberapa poin penting yang ditekankan dalam surat tersebut diantaranya, Plt Gubernur Aceh meminta setiap Kabupaten/Kota harus memiliki RSUD Covid-19 dengan jumlah tempat tidur minimal 10 persen dari total kapasitas tersedia. Rumah sakit ini nantinya hanya diperuntukkan bagi pasien Covid-19.

Kemudian pemerintah kabupaten/kota tidak dibenarkan mengusulkan Alat Perlindungan Diri (APD) dan obat-obatan untuk penanganan pasien Covid-19 karena sudah tersedia sumber lain.

Hal lain yang harus menjadi perhatian serius Bupati/Walikota adalah melakukan upaya ketahanan pangan melalui Gerakan Aceh Mandiri Pangan (GAMPANG), program/kegiatan Saprodi, pengembangan pekarangan dan tanaman pangan, sarana budidaya ikan dan unggas petelur serta operasional dan pemeliharaan Daerah Irigasi yang menjadi kewenangan kabupaten/kota.

Plt Gubernur Aceh juga meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk serius melakukan pengawasan pintu masuk wilayah Aceh dengan melibatkan petugas terkait di kabupaten/kota pada posko perbatasan masing masing wilayah.

Berikut isi lengkap Surat Plt Gubernur Aceh kepada Bupati/Walikota se Aceh :

Gubernur Aceh
Banda Aceh, 2 Agustus 2020
12 Dzulhijjah 1441

Nomor : 440/10816
Sifat : Segera
Lampiran : 2 (dua) eks

Perihal: Percepatan Pencairan Belanja Bantuan Keuangan Bersifat Khusus

Kepada Yang Terhormat :
Para Bupati/Walikota se Aceh
Masing – masing
di tempat

1. Sehubungan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Aceh dan diperkirakan terus bertambah, Pemerintah Aceh telah menetapkan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 40 Tahun 2020 tentang Penetapan dan Penyaluran Belanja Bantuan Keuangan Bersifat Khusus kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se Aceh untuk Antisipasi dan Penanganan Dampak Covid-19 Tahun Anggaran 2020, maka untuk percepatan pencairan belanja bantuan keuangan bersifat khusus, kami harap Saudara segera melengkapi kelengkapan persyaratan dan ketentuan, sebagai berikut :

a. Mengisi Format Kebutuhan Bantuan Bersifat Khusus untuk Antisipasi dan Penanganan Dampak Covid-19 di Kabupaten/Kota (Format Lampiran-l), selanjutnya dilakukan desk dengan Tim Anggaran Pemerintah Aceh untuk dituangkan dalam Peraturan Bupati/Walikota tentang Penjabaran Perubahan APBK Tahun Anggaran 2020, disampaikan kepada kami dengan melampirkan Kwitansi Tanda Terima, Berita Acara Serah Terima, Surat Pernyataan, Salinan Rekening Koran Kas Umum Kabupaten/Kota;

b. Setiap Kabupaten/Kota harus memiliki RSUD Covid-19 dengan jumlah tempat tidur minimal 10 % dari total kapasitas tersedia yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 serta tidak dibenarkan mengusulkan Alat Perlindungan Diri (APD) dan obat-obatan untuk penanganan pasien Covid-19 karena sudah tersedia sumber lain;

c. Melakukan upaya ketahanan pangan melalui Gerakan Aceh Mandiri Pangan (GAMPANG), program/kegiatan Saprodi Pengembangan Pekarangan dan Tanaman Pangan, Sarana Budidaya Ikan dan Unggas Petelur serta operasional dan pemeliharaan Daerah Irigasi Kewenangan Kabupaten/Kota; d. Melakukan pengawasan Pintu masuk wilayah Aceh dengan melibatkan petugas terkait di Kabupaten/Kota pada Posko Perbatasan;

2. Berkenaan hal di atas dan untuk membahas usulan dimaksud, akan dilakukan pra desk dan desk pada tanggal 5 Agustus 2020, untuk itu kami harap Saudara menugaskan Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten/Kota dan SKPK Teknis dengan jumlah rombongan paling banyak 8 (delapan) orang untuk hadir pada kegiatan dimaksud sebagaimana jadwal terlampir (Lampiran II). Terkait dengan belanja bantuan keuangan bersifat khusus dapat menghubungi Kepala BPKA dan terkait pengisian format lampiran I dapat menghubungi Plt. Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh. 

3. Demikian harapan kami dan terima kasih.

Baca Juga:  Sri Mulyani Kaget dan Jantungnya Hampir Copot Lihat Gaji PNS Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *