fbpx

PAI Uin Ar-Raniry, Promosikan Doktor Ke-122

Dr. Effendy JJ. Putra sedang mempresentasikan hasil penelitian disertasi pada sidang terbuka Promosi Doktor Pascasarjana UIN Ar Raniry Banda Aceh. (Kamis, 18/06) di ruang sidang kampus setempat.

Kabarandalan – Banda Aceh : Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pascasarjana UIN Ar Raniry Banda Aceh, melaksanakan sidang terbuka dalam rangka promosi Doktor (S-3), sidang dibuka oleh Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. Warul Walidin. AK, MA, diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh Tgk. Zamaksyari.

Sidang dilanjutkan dengan agenda pembacaan pernyataan pertanggungjawaban akademik oleh promotor sebagai dasar bahwa penelitian disertasi yang diajukan oleh promovendus Effendy JJ. Putra, sudah melalui tahapan dan ujian-ujian yang didukung oleh proses bimbingan yang serius, sehingga disertasi tersebut dinyatakan memenuhi syarat untuk diajukan dalam sidang terbuka untuk promosi Doktor. Tegas Prof. Dr. M. Hasbi Amiruddin, MA sebagai Promotor Utama, (Kamis,18/06) dihadapan majelis sidang.

Baca Juga:  Fahmi dan Rahul Pimpin PD IPA Kota Banda Aceh dan Aceh Besar Periode 2022-2024

Kesempatan berikutnya, disilakan promovendus, untuk menyampaikan presentasi hasil penelitian disertasi, yang berjudul “Strategi Teungku Dayah dalam Pengelolaan Manajemen Lembaga Pendidikan Tradisional di Aceh”. Salah satu temuannya menunjukkan bahwa, semakin meningkatnya animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikan anaknya pada dayah tradisional dan sekarang ini, ada dayah yang memiliki santri sampai ribuan.

“Hal ini didukung oleh manajemen kepemimpinan Teungku Dayah sudah mulai terbuka, sehingga pelimpahan wewenang sudah didistribusikan kepada masing-masing level kepemimpinan untuk mengambil keputusan. Temuan lainnya bahwa, santri-santri di dayah sudah ditempatkan sesuai kemampuan berdasarkan hasil tes ketika ujian masuk, penerapan kurikulum pembelajaran mengikuti kurikulum nasional dengan penambahan kurikulum berbasis dayah yang diajarkan pada sore hari atau malam hari”. Terang Effendi di hadapan tim penguji.

Baca Juga:  Ketua Majelis Pendidikan Aceh Lakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Simeulue

Promovendus menambahkan, tidak hanya itu, teungku rangkang (guru tinggkat balai) yang mengajar sangat ditentukan oleh kemampuan akademik dan pengalaman atau kompetensi berdasarkan hasil tes yang dilakukan. “Sedangkan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana dilakukan secara terbuka dan dipertanggungjawabkan secara periodik atau ditempel pada papan pengumuman yang diumumkan setiap jumátan di Masjid”. Tandas promovendus merincikan

Majelis sidang terbuka terdiri dari Prof. Dr. Warul Walidin. AK, MA selaku ketua sidang, Prof. Dr. Mukhsin Nyak Umar, MA selaku sekretaris, Prof. Dr. M. Hasbi Amiruddin, MA dan Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M. Ed masing-masing sebagai promotor, Prof. Dr. Azman Ismail, MA, Dr. Gunawan Adnan, MA, dan Dr. Syabuddin Gade, M. Ag, masing-masing sebagai penguji. Sedangkan Prof. Dr. Abdul Mukti, MA (Wakil Rektor bidang akademik dan kelembagaan UIN Sumatra Utara), sebagai penguji luar menggunakan fasilitas daring.

Baca Juga:  Gandeng 22 Perguruan Tinggi Se-Aceh dan SUMUT, PTE UIN Ar Raniry Gelar Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Aceh Besar. 

Effendy J. Jaraputra, SH., S, Sos., M. Si, yang saat ini tercatat sebagai salah orang Widyaiswara Ahli Madya pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, hadir bersama keluarga dan sahabat-sahabatnya, memperlihatkan rasa suka cita dan bahagia karena sudah mampu mempertahankan disertasinya dan dinyatakan lulus sebagai Doktor ke-65 Program Studi S-3 PAI dan lulusan Doktor ke 122 Program pascasarjana UIN Ar Raniry Banda Aceh.

Teks Gambar : Dr. Effendy JJ. Putra sedang mempresentasikan hasil penelitian disertasi pada sidang terbuka Promosi Doktor Pascasarjana UIN Ar Raniry Banda Aceh. (Kamis, 18/06) di ruang sidang kampus setempat.

Data pengirim :
Nama : Yusra Jamali
Jabatan : Ketua Program Studi S-3 Pendidikan Agama Islam (PAI)
UIN Ar Raniry Banda Aceh
Email : [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *