fbpx

Menkopolhukam dan Mendagri Kunjungi Kilometer Nol Indonesia

KABARANDALAN.COM, SABANG : Keberadaan Tugu Kilometer Nol (KM Nol) Indonesia yang merupakan simbol keutuhan Wilayah Republik Indonesia berada di Ujung Barat Pulau Weh Kota Sabang.

Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) melakukan revitalisasi Tugu ini pada tahun 2017 menjadi salah satu destinasi utama yang sering dikunjungi wisatawan Domestik dan Mancanegara.

Dalam menjaga keutuhan wilayah Republik Indonesia, Menteri Koordinator Politik Hukum Dan Keamanan (Menkopolhukam) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai Kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) melakukan kunjungan kerja ke Tugu Kilometer Nol, Rabu, (21/12/2022).

Baca Juga:  Anda Keberatan Hasil CNPS Tidak Lolos, Berikut Cara Sanggahnya

Turut hadir bersama Menkopolhukam, Ketua Komisi II DPRRI, Pj Gubernur Aceh beserta Kapolda Aceh.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Koordinator Politik, Hukum Dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Prof. Moh Mahfud, MD, menyampaikan bahwa Kota Sabang sebagai salah satu Pulau terluar dibagian Barat Indonesia harus dimanfaatkan dan dikembangkan agar lebih produktif baik dari segi pertahanan dan ekonomi sebagai simbol keutuhan NKRI. Menurutnya, pembangunan daerah perbatasan negara merupakan prioritas Nasional, karena itulah Presiden RI sangat menaruh perhatian besar dan selalu menegaskan bahwa Negara harus hadir di perbatasan. Agar masyarakat di perbatasan dan pulau-pulau terluar dapat merasakan hadirnya Negara sebagai bukti pembangunan Nasional dan merasa bangga menjadi warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga:  Kesedihan Mendalam, Saudara Menhan Prabowo Subianto Ternyata Turut Gugur dalam KRI Nanggala-402

Dalam kesempatan itu Mendagri, Bapak Prof. M. Tito Karnavian sebagai Kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) menyebutkan bahwa Presiden telah mengeluarkan kebijakan untuk menempatkan pembangunan perbatasan sebagai prioritas Nasional.

Hal tersebut dinilai sangat tepat mengingat kawasan perbatasan adalah beranda depan Indonesia yang mewakili wajah bangsa dan menjadi representasi kemajuan Indonesia. Kehadiran BNPP yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 tentang wilayah Negara menetapkan Menkopolhukam selaku pengarah BNPP, Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP dan 27 Kementerian lembaga dan para Gubernur perbatasan selaku anggota dengan tugas utama mewujudkan keutuhan wilayah.

Baca Juga:  Sabang Marine Festival 2023 Diharapkan Mendokrak Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif di Kawasan Sabang

Di Tugu Kilometer Nol, Menteri Koordinator Politik, Hukum Dan Keamanan (Menkopolhukam) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di sambut Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Junaidi Ali, S.H., S.T., M.T. dan Pj Walikota Sabang Drs. Reza Fahlevi, M.Si.

Sebelumnya rombongan Menpolhukam mengunjugi Pulau Rondo yang merupakan salah satu pulau terluar di Wilayah Barat Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *