fbpx

Mahasiswi Langsa ini Selesaikan Gelar Magisternya dengan IPK 3.97 di Yokyakarta

Foto Istimewa

KABARANDALAN.COM, YOKYAKARTA – Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yokyakarta Mewisuda 596 Sarjana, Dua orang Wisudawan diantaranya Lulusan Perdana Program Magister Informatika periode IV TA 2019/2020 secara Virtual. Rabu, 19 Agustus 2020.

Dalam Wisuda Virtual tersebut, Ridha Hayati masuk 16 wisudawan/i yang berhasil Lulus dengan Predikat Terbaik dan Tercepat. Namun Ridha Hayati memperoleh nilai tertinggi antara 16 wisudawan/i itu

Ridha Hayati tercatat sebagai Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yokyakarta di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam dengan Studi Al-Qur’an dan Hadis mendapatkan Predikat Cumlaude dengan IPK 3.97 dan menyelesaian kuliahnya dalam kurun waktu Satu Tahun Tujuh Bulan Sembilan Hari (1 tahun, 7 bulan dan 9 hari) dengan gelar Magister Agama.

Selain mendapat gelar Terbaik dan Tercepat, Ridha Hayati juga menceritakan pengalamannya menjadi pembicara di acara International Symposium on Religious Literature and Heritage pada tahun 2017.

Ketika itu sambungnya, ia masih semester Tujuh S1, sedangkan peserta lain merupakan para Dosen dan Guru Besar dari berbagai kampus.

“Saya sempat tidak percaya ketika reviewer dari Luar Negeri, karena memberikan tanggapan positif terhadap tulisan atau penelitian saya,” ucap Ridha anak pertama dari lima bersaudara dan buah cinta Bapak Noto, S.pd dan Ibu Sutini itu pada kabarandalan.com. Kamis, 20 Agustus 2020 melalui sambungan telfon seluler.

Selain menjadi pembicara dalam acara hebat tersebut, ia juga mendapatkan rekomendasi untuk melanjutkan S2 ke Luar Negeri.

“Saya bahagia karena mendapatkan teman, pengalaman dan kesempatan belajar dari orang-orang expert,” tambahnya.

Ridha menjelaskan, dengan ilmu yang diperolehnya mendapatkan keberkahan dan berguna untuk masyarakat luas baik di bidang Akademik maupun di masyarakat umum.

“Selama menempuh pendidikan di luar daerah banyak hal yang saya peroleh, baik dari dosen-dosennya maupun dari sistem belajar mengajar di kampus,” lanjut ridha.

Ia menjelaskan. Dalam dunia perkuliahan, skill menulis sangat dibutuhkan. Seperti menulis Jurnal maupun melakukan Penelitian.

“Saya banyak belajar dari para dosen. Tidak berlebihan jika saya menyebutnya “dosen rasa sahabat” mereka memberi perhatian, arahan, dukungan dengan intens serta memberi apresiasi besar terhadap mahasiswa/mahasiswi yang berprestasi,” jelasnya.

Dengan segala pengalaman dan ilmu yang ia miliki, ia tidak segan untuk membaginya kepada teman-teman atau mahasiswa/mahasiswi Aceh tempat di mana ia di lahirkan.

Ridha berharap, Pemerintah Aceh dapat memberikan perhatian, dukungan, motivasi dan apresiasi bagi mahasiswa dan mahasiswi yang telah membawa nama baik daerah dengan segudang prestasi.

“Saya ucap terima kasih kepada semuanya, pertama puji syukur setinggi-tingginya kepada Allah swt atas segala rahmat-Nya, kedua orang tua saya, dosen-dosen, teman seperjuangan, terakhir kepada kota Yogyakarta atas segala keindahannya dan orang-orangnya atas segala keramahannya,” ucap Ridha kelahiran Langsa Timur, 03 Februari 1997.

Ridha Hayati tercatat sebagai mahasiswa Sarjana (S1) Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir tahun 2014 selesai tahun 2017 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan mahasiswa Magister (S2) tahun 2018 selesai tahun 2020 di kampus yang sama.

Berikut prestasi dan pengalaman yang dimiliki Ridha Hayati, M.Ag

1. Perlombaan Yang Pernah Diikuti :
– Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an Nasional Mahasiswa
– Finalis Terbaik DIY Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an
– Finalis Terbaik Karya Tulis Ilmiah al-Qur’an Nasional ITS Surabaya
– Juara 1 Syarhil Qur’an
– Juara 1 kaligrafi seleksi Pospeda Aceh
– Juara 2 Kaligrafi Porseni Aceh (Pekan Olah Raga dan Seni)
– Juara 2 Kaligrafi MTQ Yogyakarta
– Juara 1 Drama Bahasa Aarab

2. Pretasi Yang Pernah Dicapai :
– Beasiswa Prestasi Akademik Uin Sunan Kalijaga Tahun 2016
– Beasiswa Penelitian Mahasiswa oleh LPPM Uin Sunan Kalijaga Tahun 2017
– Beasiswa Ekstra Kurikuler Uin Sunan Kalijaga Tahun 2017
– Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2015
– Speaker pada Annual International Conference in Islamic Studies (AICIS) Jakarta Tahun 2019
– Speaker pada Muktamar Pemikiran Santri Nusantara 2-19 Tahun 2019
– Speaker pada the 2nd Ushuluddin International Conference, UIN Suka Tahun 2018
– Speaker pada Seminar Nasional Pemuda dan Bela Negara UIN Suka Tahun 2018
– Speaker pada Seminar Nasional and Call for paper Hermeneutik-Riwayah IAIN Kudus Tahun 2018
– Speaker pada Call for Paper: Arah Baru Kajian Tafsir dan Ilmu Al-Qur’an IAIN Purwokerto Tahun 2017
– Speaker pada International Symposium On Religious Literature and Heritage (ISLAGE) Bogor Tahun 2017
– Speaker pada Call For Papers Millati Journal of Islamic Studies and Humanities, The Wujil Resort Ungaran Tahun 2017

3. Karya Ilmiah Yang Dipublikasikan :
– Transmisi dan Transformasi Dakwah (Sebuah Kajian Living Hadis dalam Channel Youtube Nussa Official) Vol 13 N0 1: Jurnal Bimas Islam 2020
– Makna Tradisi Ziarah dan Mubeng Beteng di Makam Raja-Raja Imogiri Yogyakarta, Dialog Jurnal Penelitian dan Kajian Keagamaan, Vol. 42, No. 1, Juni 2019
– Penafsiran Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Cambuk Tafsir Tarjumān Al-Mustāfid Karya Abdurrauf As-Singkili Dan An-Nur Karya Hasbi Ash-Shiddieqy, Suhuf : Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya 2019
– Kontribusi Pemuda Muslim Terhadap Komunitas Waria, Panangkaran : Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat 2019
– Interpretasi Fazlul Rahman atas Isu Poligami (Studi Analisis Q.S. An-Nisa: 3), Hermeneutik: Jurnal Al-Qur’an dan Tafsir 2018
– Moralitas Pemimpin : Dialektika atas Teks Suci Agama dan Pembentukan Budaya Lokal (Kajian Living Hadis dalam Sinetron Para Pencari Tuhan (PPT) Jild 2 Eps 3), Jurnal Lektur Keagamaan 2017
– Mukjizat Numerik dalam Al-Qur’an , (Studi Terhadap Angka 7 Abd Ad-Daim Al-Kahil Syahadah : Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Keislaman 2019
– Metode Hermeneutik dan Aplikasi dalam Penafsiran Al-Qur’an, Syahadah : Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Keislaman 2019

4. Pengalaman Pekerjaan Selama Menjadi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga :
– Mengajar Tilawah Al-Qur’an di PPAT Muhammad Haryanto, Yogya 2019-2020
– Mengajar Privat Bahasa Inggris di Perumahan Polri Yogya 2019-2020
– Mengajar Tahfidz Al-Qur’an di SMP Jakal Yogyakarta Tahun 2019
– Mengajar Tilawah Al-Qur’an di TPA Jakal, Yogya 2015-2016.

(Redaksi/D)

Baca Juga:  Gelar Longmarch dan Aksi Damai, Ratusan Massa Tolak Politisasi Pendidikan Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *