fbpx
DAERAH  

KMP Aceh Hebat Memudahkan Akses Transportasi Dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Foto : Edi Kamal, Anggota DPRA Bersama Masyarakat di Simeulue. (Dok.Pribadi).

KABARANDALAN.COM, BANDA ACEH – Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 yang baru dilounching oleh Pemerintah Aceh nantinya akan digunakan sebagai sarana transportasi bagi masyarakat Aceh khususnya penduduk Pulau Simeulue. Selain sebagai sarana transportasi, Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 juga akan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat secara ekonomi.

Hal tersebut disampaikan oleh Edi Kamal Anggota DPRA saat bertemu Redaksi kabarandalan.com. Minggu, (4/10/2020) di Banda Aceh.

Edi Kamal mengatakan, Simeulu merupakan wilayah kepulauan yang letaknya cukup jauh yakni 150 km dari lepas Pantai Barat Aceh, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke pulau tersebut yakni 9-10 jam dengan jarak tempuh 105 Mil menggunakan Kapal Motor Penumpang (KMP) Jenis Fery.

Baca Juga:  Warga Aceh Diimbau Waspada Hadapi Cuaca Buruk

Dengan jarak tempuh yang lama, mobilitas kapal juga menjadi lambat sehingga menyebabkan penumpukan antrian penumpang dan mobil angkutan barang di pelabuhan, serta menyebabkan distribusi barang baik dari simeulue maupun sebaliknya menjadi terhambat. Kata Edi Kamal.

Edi Kamal menyampaikan, sebagai Anggota DPRA dari Dapil 10 salah satunya Kabupaten Simeulue selama ini banyak menampung aspirasi warga Simelue mengenai keluhan mereka terkait keterbatasan alat tranportasi laut yang kurang memadai.

Baca Juga:  Dapat Dana Stunting 2516 Milyar, M Jafar Minta Hati-Hati dalam Penggunaannya

Untuk itu, kehadiran Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 ini akan mempu mengurai permasalahan pelayaran yang terjadi selama ini di Pulai Simeulue, lalu lintas pelayaran akan semakin lancar. “Dengan lancarnya lalu lintas transportasi, hasil laut, perkebunan dan pertanian akan dengan cepat di distribusikan keluar pulau sehingga akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyaratat Kabupaten Simeulue”. Terang Edi Kamal.

Barang dari luar juga akan lebih cepat didistribusikan ke Simeulue sehingga mampu menekan harga barang dipasaran Simeulue agar tidak terjadi inflasi terutama bahan kebutuhan pokok. Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 nantinya juga akan memudahkan akses Wisatawan untuk menuju ke Simeulue dan berpotensi pada peningkatan pendapatan warga setempat. Imbuh Edi Kamal.

Baca Juga:  Dyah Erti: Perlindungan Anak Tugas Kita Semua

“Mewakili masyarakat Simeulue sebagai konsituen saya pada Pilkada Legislatif lalu menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Aceh dibawah kepemimpinan Plt.Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT atas kerja kerasnya mewujudkan keinginan masyarakat Simeulue untuk memiliki alat transportasi laut yang memadai dengan menghadirkan Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 yang melayani Labuhan Haji, Meulaboeh – Simeulue”, Tutup Edi Kamal. [Red].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *