fbpx
DAERAH  

KMP Aceh Hebat, Karya Monumental Ditengah Badai Politik Aceh

Plt Gubernur Aceh melaunching KMP Aceh Hebat 1, di Galangan Kapal PT. Multi Ocean Shipyard, Tanjung Balai Karimun, Sabtu 3/10. Kapal Roro 1.300 GT milik masyarakat Aceh nantinya akan melayari rute Meulaboh-Labuhan Haji-Simeulue

KABARANDALAN.COM, BANDA ACEH – Hari ini Sabtu, 3 Oktober 2020, Plt.Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT secara resmi melounching Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Kapal RoRo berkapasitas 1.300 GT ini nantinya akan melayani pelayaran Labuhan Haji – Simeulue atau sebaliknya.

Kapal Aceh Hebat merupakan terobosan Pemerintah Aceh guna menyediakan alat transportasi laut yang memadai bagi masyarakat kepulauan seperti Simeulue, Sabang dan Pulau Banyak Aceh Singkil.

Ada tiga Kapal Motor Penumpang (KMP) yang dalam waktu dekat akan meramaikan lalu lintas pelayaran di Aceh, yakni Kapal Aceh Hebat 1, Kapal Aceh Hebat 2 dan Kapal Aceh Hebat 3.

Baca Juga:  KNPI Nagan Raya Ajak Elemen Masyarakat Barsela Tolak Rencana DPRA Hentikan Proyek Multi Years

Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 merupakan satu dari tiga kapal roro yang dipesan pemerintah Aceh untuk meningkatkan konektivitas antar pulau. Aceh Hebat 1 (1.300 GT) akan melayani Labuhan Haji – Simeulue, Aceh Hebat 2 (1.100 GT) melayani Balohan Sabang – Pelabuhan Ulee Lheu dan Aceh Hebat 3 (600 GT) akan melayani rute Singkil – Pulau Banyak.

Kapal Aceh Hebat menjadi karya monumental Pemerintah Aceh sekaligus menjadi Legacy bagi Plt.Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT dan akan dikenang sepanjang masa.

Kapal Aceh Hebat menjadi kapal pertama yang dimiliki langsung oleh rakyat Aceh dan menjadi sejarah baru bagi transportasi laut Aceh, selama ini Aceh belum pernah memiliki kapal yang dibangun sendiri.

Baca Juga:  L-KPK : Masih Banyak ASN di Pemko Langsa Yang Pantas Jadi Kadis Dikbud

Selama ini, pelayaran Aceh dilayani oleh kapal milik ASDP. Terakhir adalah KMP BRR yang dihibah oleh Kementerian Perhubungan. Kapal itu kini melayani rute Balohan Sabang – Ulee Lheu Banda Aceh.

Hari ini, Ir. H. Nova Iriansyah, MT sebagai Plt.Gubernur Aceh membuktikan bahwa badai politik yang terjadi di Aceh akhir-akhir ini tidak menghalangi langkahnya untuk melanjutkan program pembangunan guna menyukseskan 15 program unggulan Aceh Hebat yang dicanangkan oleh pasangan Irwandi – Nova saat Pilkada 2017 silam.

Hadirnya KMP Aceh Hebat akan mampu menumbuhkan denyut nadi perekonomian, Mobilitas Manusia dan Barang akan lebih cepat dan mudah.

Baca Juga:  BKMT Aceh Menggelar Safari Dhuha Bersama Lansia

Selama ini, Kapal Motor Penumpang (KMP) yang tersedia di Aceh tidak memadai jika dibandingkan dengan mobilitas manusia dan barang setiap harinya, akibatnya terjadi penumpukan antrian dan distribusi barang ke wilayah kepulauan Aceh tidak efektif dan efisien.

Dengan hadirnya Kapal Aceh Hebat, distribusi hasil bumi dan laut akan lebih cepat didistribusikan keluar pulau sehingga perputaran perekonomian masyarakat kepulauan berjalan layaknya wilayah daratan. Begitu juga dengan distribusi barang, akan lebih mudah dan dapat menekan harga barang di kepulauan sehingga harganya juga sama dengan harga barang diwilayah daratan.

Kemudian sektor pariwisata wilayah kepulauan juga akan dapat berkembang dengan cepat, wisatawan akan dengan mudah menjangkau wilayah kepulauan tanpa harus kwatir dengan akses transportasi. [S01/RED].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *