fbpx
DAERAH  

KMP Aceh Hebat 1 Jadi Kado Istimewa HUT Ke-21 Kabupaten Simeulue

KABARANDALAN.COM, SIMEULUE – Harapan Masyarakat Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh terhadap transportasi laut yang memadai akan segera terwujud, pasalnya pada bulan Oktober mendatang Pemerintah Aceh akan segera mendatangkan satu unit Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1.

Kabar kehadiran Kapal Motor Penumpang (KMP) jenis RoRo berkapasitas 1.300 GT itu menjadi berita gembira bagi Masyarakat di Simeulue, terlebih kapal tersebut akan hadir bersamaan dengan moment istimewa yaitu Hari Ulang Tahun Kabupaten Simeulue Ke-21 Tahun pada Oktober mendatang.

Saat ini Pemerintah Provinsi Aceh sedang menunggu penyelesaian tiga kapal motor penumpang (KMP) yakni KMP Aceh Hebat 1, KMP Aceh Hebat 2, serta KMP Aceh Hebat 3.

Baca Juga:  LSM-SiGAP Bener Meriah Akan Laksanakan Aksi Damai

Dilansir dari laman antaranews.com, untuk Pembangunan Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 telah memasuki tahap penyelesaian akhir, pengerjaannya sudah mencapai 92 persen dan proses peluncuran direncanakan dalam pekan pertama Oktober 2020 mendatang.

Pembangunan KMP Aceh Hebat 1 berbobot 1.300 GT tersebut dilakukan di Galangan Kapal PT.MOS Tanjung Balai Karimun. Direncanakan pada akhir Oktober Kapal tersebut sudah bersandar di Aceh.

Kabid Pelayaran Dinas Perhubungan Aceh Mahyus Syafril mengatakan, ada beberapa bagian yang harus dirampungkan dalam pembangunan KMP Aceh Hebat 1. Di antaranya ialah stabilitas kapal dan pekerjaan interior. “Peralatan navigasi, peralatan keselamatan, perangkat radio, radar, instalasi pelistrikan, dan beberapa lainnya,” tuturnya.

Baca Juga:  Aceh Perketat Pengawasan di Wilayah Perbatasan

Nantinya KMP Aceh Hebat 1 akan melayani rute Labuhan Haji – Simeulue atau Kuala Bubon – Simeulue demikian pula sebaliknya.

Sementara itu, persentase pembangunan KMP Aceh Hebat 2 yang memiliki bobot 1.100 GT, telah mencapai 89,3 persen, dikerjaakan oleh PT Adiluhung Saranasegara di Bangkalan, dan akan melayani pelayaran dari Singkil ke Pulau Banyak.

Selanjutnya KMP Aceh Hebat 3 yang berbobot 600 sudah mencapai 89,5 persen, dikerjakan oleh PT Citra Bahari Shipyard di tegal, akan melayani rute Ulhee Lheue ke Balohan.

Baca Juga:  Wakil Ketua DPRA Dalimi Ucapkan Selamat Kepada Achmad Marzuki Kembali Ditunjuk PJ Gubernur Aceh

KMP Aceh Hebat merupakan hasil dari program pengadaan kapal ferry roro di bawah Dinas Perhubungan Aceh dengan anggaran Rp.178 milliar. Kapal tersebut bertujuan meningkatkan konektivitas antar pulau di Aceh. [Red].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *