fbpx

Kadinsos Aceh: Karang Taruna Mitra Strategis Pemerintan dalam Pembangunan Sosial

Kabarandalan.com, Banda Aceh – Karang Taruna merupakan mitra Pemerintah khususnya Dinas Sosial dalam upaya penyelenggaraan pembangunan sosial di Aceh. “Karena menyelesaikan masalah sosial yang kompleks ini dibutuhkan peran serta dan keterlibatan dari masyarakat, salah satu wadahnya adalah karang taruna itu sendiri”

Hal tersebut disampaikan Kadis Sosial Aceh, Dr. Muslem saat menerima kunjungan silaturrahmi pengurus Karang Taruna Provinsi Aceh, pada Selasa, 20 Februari 2024 di ruang kadis. Turut hadir dalam pertemuan itu, Ketua, Ismet Tangjong beserta pengurus inti wilayah.

Dr. Muslem menjelaskan bahwa setiap organisasi pada dasarnya memiliki tugas dan fungsinya masing-masing, termasuk karang taruna. Organisasi ini katanya dibentuk oleh masyarakat sebagai tempat bagi generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial masyarakat.

Baca Juga:  Fitriany Farhas Ingin Menjadi Cut Nyak Dhien Dalam Membangun Nagan Raya

“yang penting bersama-sama kita bersinergi mewujudkan kesejahteraan sosial, memastikan masyarakat memperoleh pengihudpan yang layak, kalau sudah bisa mendapatkan kehidupan yang layak maka masyarakat akan mampu mandiri secara keberfungsian sosial nya, itu harapan kita” kata kadis sosial aceh.

Disamping itu, Dr. Muslem juga memberikan apresiasi terhadap program kerja yang akan dilaksanakan kepengurusan karang taruna periode 2023 – 2028 itu. Dirinya akan mengupayakan dukungan dari sisi pembinaan maupun anggaran demi kelancaran program yang telah di rencanakan itu.

Baca Juga:  Kepengurusan Berakhir, DPD II KNPI di Aceh Akan di Karateker Jika Tak Segera Laksanakan Musda

“Saya setuju dengan program yang disampaikan, seperti penguatan kelembagaan karang taruna, bahkan hingga tingkat Desa. Program ini sekaligus menghidupkan kembali semangat pemuda dan juga perangkat di desa untuk ikut terlibat dalam usaha kesejahteraan sosial” ujarnya.

Sementara itu, Ismet dalam penyampaiannya mengungkapkan rasa terima kasih kepada kepala dinas sosial aceh yang telah peduli terhadap masa depan karang taruna di Aceh.

Selama ini sebutnya, komunikasi dan koordinasi yang terjalin baik antara karang taruna dan dinsos aceh sehingga berhasil melahirkan berbagai program-program penting. Terutama pembinaan karang taruna di Kabupaten/Kota yang hampir 100%.

Baca Juga:  Mendikbudristek Nadiem Makarim Beri Penghargaan Aceh sebagai Provinsi Paling Transformatif

“Terima kasih Pak Kadis Muslem, kami sangat mengapresiasi niat baik dan komitmen pak kadis dalam mendukung gerak karang taruna kedepan”.

“InsyaAllah pada Tahun 2024 ini kami akan terus memperkuat struktur karang taruna termasuk pada level kecamatan dan desa demi eksistensi dan marwah karang taruna pada tiap jenjangnya. Sehingga antusias anak-anak muda untuk terlibat dalam kegiatan sosial karang taruna meningkat” jelas ketua karang taruna 2 periode itu optimis.

Selain penguatan kelembagaan, kata Ismet karang taruna juga mengagendakan beberapa program strategis lain, diantaranya yang mendesak rancangan pergub tentang karang taruna, serta pembinaan enterpreuner bagi para pemuda di Aceh.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *