fbpx

Kadin Aceh : Sektor Pertanian dan Perkebunan jadi Peluang Bisnis yang Menjanjikan

H. Makmur Budiman, SE Ketua Kadin Aceh / dok.pribadi

KABARANDALAN.COM, BANDA ACEH – Dalam menanggulangi pengangguran dan keterbatasan peluang kerja terutama bagi yang baru selesai menempuh pendidikan, baik Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat maupun Perguruan Tinggi atau sederajat. Jangan berharap sepenuhnya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebaiknya membuka usaha dibidang Pertanian dan Perkebunan karena penghasilannya sangat menjanjikan.

Hal tersebut dikatakan H. Makmur Budiman, SE selaku Ketua Kadin Aceh pada kabarandalan.com, ia berharap kepada semua kalangan yang baru selesai menempuh pendidikan, agar bisa berbisnis dibidang pertanian dan peekebunan, karena hal itu sangat menjanjikan berpenghasilan cukup.

“Untuk saat ini yang baru saja menempuh pendidikan, sebaiknya bisa membuka peluang berbisnis dibidang sektor pertanian dan perkebunan, karena sangat penghasilannya memang sangat menjanjikan,” ungkap Mukmur Budiman yang sering disapa Toke Makmur.

Terutama sambungnya, yang tinggal di daerah Kabupaten diseluruh Aceh, sangat berharap untuk bisa menggarap peluang di sektor pertanian dan perkebunan.

Toke Makmur juga menjelaskan bahwa saat ini sangat banyak lahan tidur diseluruh Aceh, hal ini perlu ditangani oleh petani-petani muda yang bernaluri bisnis secara profesional karena lahan yang ada di Aceh rata-rata sangat subur dan menjanjikan disegi Berbisnis.

“Untuk membuktikan bahwa lahan di Bumi Serambi Meukah ini sangat subur, maka saat ini kita sudah mencetak sawah baru seluas 30 Ha di Kuta Malaka Kecamatan Samahani Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh dengan program Usaha Sendiri,” ungkap H. Makmur Budiman.

Ia juga berharap, kepada adik-adik yang baru selesaikan pendidikan, terutama sekali sarjana pertanian agar dapat berusaha keras dan berkarya dibidang pertanian dan perkebunan, agar semua pihak dapat mencontohkan cara bercocok tanam sesuau prosedur dan berpenghasilan cukup,” demikian harapnya.

Teuku Tansri Jauhari, SE sebagai Ketua Rumah Aspirasi UMK dan IKM Aceh juga menyebutkan, sebagai contoh dapat melihat beberapa hasil pertanian, di Kecamatan Patek Kabupaten Aceh Jaya katanya, sangat dikenal dengan Jeruk Manis sementara di Kawasan Kecamatan Lhoung dan Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar juga sangat terkenal dengan hasil pertanian buah Durian,

“Saya sendiri juga sedang menggarap kebun Durian di Kawasan Bukit Paro Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar,” tambah Alumni Fakultas ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Sebelum menutup wawancara dengan media majalahceo,com saudagar Aceh ini sangat sangat

“Kita sangat berharap kepada semua pengusaha untuk bisa mengalihkan dunia usahanya secara pasti dan profesional ke sektor pertanian dan perkebunan karena masih cukup banyak lahan tidur diseluruh Aceh menunggu tangan tangan profesional untuk menggarapnya,” tutupnya (*)

(Redaksi/D)

Baca Juga:  Sebanyak 1.724 Mahasiswa Aceh di Luar Negeri Terima Bansos Covid-19 dari Pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *