fbpx

Diduga Tidak Siap Terima Kritikan, Kadis Dikbud Langsa Laporkan Wartawan ke Polisi

KABARANDALAN.COM, LANGSA – Diduga tidak siap menerima kritikan, Suhartini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa melaporkan Pendiri yang juga Pemimpin Redaksi media afnews.co.id ke Polres Langsa, dengan tuduhan melanggar UU ITE. Rabu, (5/8/2020).

Laporan tersebut dibuktikan dengan Surat Keterangan Tanda Bukti Lapor Nomor: SKTBL/123/VIII/RES.1.24./2020/Aceh/Red Langsa, tanggal 5 Agustus 2020.

Usai membuat laporan ke Polres Langsa, Kadis Dikbud Langsa itu juga menggelar konferensi pers pada hari yang sama, dengan mengundang sejumlah wartawan di Aula Dinas tersebut.

Dalam konferensi pers itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa (Dra. Suhartini, M.Pd) mengungkapkan pihaknya melakukan langkah Hukum dengan melaporkan TS selaku Pendiri afnews.co.id, yang diduga Kuat melakukan “Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik dan Berita Bohong atau Fitnah, sebagaimana UU No. 11 Tahun 2008 Tentang ITE sebagaimana telah di Ubah menjadi UU No. 19 Tahun 2016 Tentang ITE” di Polres Langsa. Dalam membuat laporan itu, turut didampingi oleh Kuasa Hukum Suhartini yang kabarnya sengaja didatangkan dari Sumatera Utara, antara lain M. Sa’i Rangkuti, SH.,MH, Drs. Soepriatmono, P, SH.,MH., M. Psi, Rahmad Makmur, SH.,MH dan Rizky Fatimantara Pulungan, SH.

Baca Juga:  Peringati Hari Bhayangkara ke 74, Kapolres Nagan Raya Ziarah Makam Pahlawan

Menanggapi hal tersebut, Pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi media online afnews.co.id, T.Syafrizal, mengatakan langkah hukum yang dilakukan Suhartini adalah hak setiap warga negara dan harus dihormati. Apalagi, profesi wartawan juga tak lekang dari persoalan hukum.

Hanya saja lanjut T.Syafrizal, Suhartini melaporkan afnews.co.id dalam kapasitasnya sebagai pribadi atau dalam kapasitas sebagai Kepala Dinas. Jika dalam kapasitas Sebagai Kepala Dinas, harusnya yang bersangkutan melakukan koordinasi dengan atasannya di Pemko Langsa. Apalagi, instansi pemerintah punya Bagian Hukum.

Baca Juga:  Maraknya, Penipuan Online, ini kata Ketua LSM Generasi Aceh Peduli

“Tapi kalau dia melapor dalam kapasitas individu pribadinya, saya juga heran. Karena selama ini yang afnews.co.id kritisi adalah menyangkut sikap dan kinerjanya sebagai Kepala Dinas. Coba kalau Suhartini hanya seorang penjual ayam sayur atau pecel lele dan bukan menjabat Kepala Dinas, kita juga tidak berkepentingan mengkritisinya. Tapi ya sudah lah kita ikuti aja proses hukumnya,” demikian ujar T.Syafrizal.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *