fbpx

Aksi Donor Darah ASN di Aceh Terus Bertambah, Kini Capai 3.452 Kantong Darah

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto

KABARANDALAN.COM, BANDA ACEH – Aksi Donor Darah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh capai angka 3.452 kanton darah yang berhasil dikumpulkan m

Angka tersebut dari akumulasi jumlah total kantong darah yang terkumpul sejak program donor darah ASN di canangkan pada Mei lalu oleh Plt Gubernur Aceh

“Alhamdulillah hasil donor hari ini berhasil menyumbang 141 kantong darah, sehingga total keseluruhannya telah terkumpul 3.452 kantong darah,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, dalam update harian hasil donor darah ASN. Rabu, (22/7/2020). 

Iswanto menjelaskan, program donor darah ASN Pemerintah Aceh itu digagas oleh Plt Gubernur Aceh pada akhir Mei lalu dan telah ditetapkan sebagai agenda rutin seluruh Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dengan sistem donor bergilir.

Iswanto menjelaskan, gerakan donor darah para ASN merupakan upaya Pemerintah Aceh membantu masyarakat Aceh dalam menyediakan stok darah bagi kepentingan medis di Aceh.

Darah yang terkumpul selama ini disalurkan untuk kepentingan medis di sejumlah Rumah Sakit di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. 

“Khusus ASN di RSUZA mereka melangsungkan donor darah secara mandiri di Unit Transfusi Darah miliki mereka,” kata Iswanto. 

Wakil Direktur Bidang Administrasi RSUZA Muhazzar, mengatakan aksi donor darah untuk ASN dan tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Aceh sudah menjadi rutinitas bagi pegawai di RSUZA untuk mencukupi kebutuhan darah di rumah sakit itu

“Setiap hari kita lakukan donor darah dengan sistem bergilir per unit ruangan,” ujarnya. 

Ia mengungkapkan, dengan diperkuatnya aksi donor darah ASN ini sangat membantu kebutuhan darah untuk RSUZA. setiap bulannya RSUZA membutuhkan transfusi darah sebanyak 2 ribu kantong, namun dari hasil donor darah para pegawai RSUZA hanya berhasil mengumpulkan 1.5 ribu kantong darah saja. (*)

(Redaksi/D)

Baca Juga:  Bantaran Sungai Kali Aceh Tidak Semuanya Bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *